Monday, December 6, 2010

Puasa ’Asyuura (10 Muharram)

Suatu ketika Nabi Muhammad shollallahu ’alaih wa sallam mendapati kaum Yahudi sedang berpuasa pada hari ’Asyuura (10 Muharram). Lalu beliau bertanya mengapa mereka berpuasa pada hari itu. Merekapun menjelaskan bahwa hal itu untuk memperingati hari dimana Alloh telah menolong Nabi Musa bersama kaumnya dari kejaran Fir’aun dan balatentaranya. Bahkan pada hari itu pula Alloh telah menenggelamkan Fir’aun sebagai akibat kezalimannya terhadap Bani Israil. Mendengar penjelasan itu maka Nabi shollallahu ’alaih wa sallam-pun menyatakan bahwa ummat Islam jauh lebih berhak daripada kaum Yahudi dalam mensyukuri pertolongan Alloh kepada Nabi Musa. Maka beliau-pun menganjurkan kaum muslimin agar berpuasa pada hari ’Asyuura.

Agar tidak tasyabbuh (menyerupai) orang Yahudi yang hanya berpuasa pada hari kesepuluh saja, maka Nabi Muhammad shollallahu ’alaih wa sallam memerintahkan umat muslim untuk bepuasa pada hari kesepuluh sekaligus kesembilan bulan Muharram. Namun ada juga yang berpendapat kalau tidak tanggal sembilan dan sepuluh Muharram, boleh tanggal sepuluh dan sebelas Muharram (bagi yang kelupaan tanggal sembilannya).

Lalu apakah fadhillah (keutamaan) berpuasa pada hari ’Asyuura ini? Nabi Muhammad shollallahu ’alaih wa sallam berdoa kepada Alloh agar semoga barangsiapa yang berpuasa ’Asyuura Alloh ampuni dosanya selama satu tahun yang telah berlalu.

Untuk tahun ini jika tanggal satu Muharram 1432 Hijriyyah jatuh pada hari Selasa 7 Desember 2010, berarti hari ’Asyuura insya Alloh bertepatan dengan hari Kamis tanggal 16 Desember 2010. Berarti tanggal 9 Muharram insya Alloh akan jatuh pada hari Rabu tanggal 15 Desember 2010, dan 11 Muharram bertepatan pada hari Jum'at 17 Desember 2010. Semoga Alloh kuatkan, izinkan dan berkahi kita semua untuk melaksanakan puasa ’Asyuura tahun ini. Amin ya Rabb.


real flow trailer

 

iyez.arch. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com